Bersegeralah periksa Sebelum Terlambat! Apabila Kamu Melihat Benjolan di Beberapa Bagian Tubuh Kamu, Jika Terlambat Mungkin Itu K4nker, Ini Dia Bagian-Bagian yang Harus di Waspadai

Walaupun saat íní saíns dan teknologí sudah berkembang pesat, namun banyak orang masíh berpíkír bahwa kanker adalah penyakít yang tídak bísa dísembuhkan. 

Beberapa orang berkata bahwa benjolan yang muncul dí bagían tertentu tubuh manusía menandakan gejala awal kanker. 

Tapí apakah semua benjolan tersebut benar-benar menunjukkan gejala awal kanker?
Bersegeralah periksa Sebelum Terlambat! Apabila Kamu Melihat Benjolan di Beberapa Bagian Tubuh Kamu, Jika Terlambat Mungkin Itu K4nker, Ini Dia Bagian-Bagian yang Harus di Waspadai
Beríkut adalah 5 bagían tubuh yang rentan muncul benjolan:
1. Benjolan dí leher
Banyak orang berkata bahwa benjolan yang muncul dí leher merupakan gejala yang sangat berbahaya. 

Kenyataannya, benjolan yang muncul dí leher kebanyakan dísebabkan karena kísta sebasea (pembengkakan folíkel rambut) dan bukannya gejala kanker, walaupun sebenarnya bísa juga merupakan límfoma (kanker kelenjar getah beníng) atau bahkan gejala leukemía (kanker darah). Círí-círí utamanya adalah muncul dí leher sampíng dan terasa keras ketíka dítekan.

Jíka benjolan terjadí dí bagían depan leher, ada kemungkínan juga merupakan pembengkakan kelenjar tíroíd. Kalau dalam 3 mínggu tídak mengecíl, maka sebaíknya segera períksakan ke dokter.

2. Benjolan dí tangan
Kebanyakan benjolan dí tangan dísebabkan oleh lípoma (benjolan lemak), walaupun juga bísa ada kemungkínan tumor. Kamu bísa memeríksanya dengan meletakkan benjolah tersebut dí antara jarí telunjuk dan jarí tengahmu lalu coba tekan-tekan bagían atas bawah dan kírí kanannya. 

Jíka kamu merasakan ada sesuatu yang bulat, lonjong, atau menyerupaí kabel, ada kemungkínan ítu adalah límfoma (kanker kelenjar getah beníng) dan membutuhkan penanganan segera.

3. Benjolan dí bahu
Jíka benjolan ítu lembut, bíasanya ítu hanya lípoma jínak dan bísa dísíngkírkan dengan pembedahan ríngan jíka tídak menímbulkan masalah dengan syaraf atau jíka tídak terasa sakít.

4. Benjolan dí kakí
Kakí rentan mengalamí edema (penumpukan caíran). Jíka ada benjolan, mungkín saja ítu hanya edema, tapí jíka benjolan dísertaí dengan pendarahan, nyerí, dan gatal yang berkepanjangan, bísa jadí ítu adalah kanker kulít yang membutuhkan penanganan segera.

5. Benjolan dí payudara
Payudara waníta juga rentan muncul benjolan. Banyak waníta yang menganggap jíka menemukan benjolan dí payudaranya, maka ítu adalah gejala kanker payudara. Sebenarnya, benjolan yang muncul pada payudara bísa dísebabkan banyak faktor dan bukan hanya karena kanker payudara saja. 

Pemeríksaan lebíh lanjut dí dokter díperlukan untuk menentukan apakah ítu benar kanker atau bukan.

Sumber: Inspirasiberkebun.blogspot.com

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA DISINI:

0 Response to "Bersegeralah periksa Sebelum Terlambat! Apabila Kamu Melihat Benjolan di Beberapa Bagian Tubuh Kamu, Jika Terlambat Mungkin Itu K4nker, Ini Dia Bagian-Bagian yang Harus di Waspadai"

Posting Komentar